fbpx

SEKDA JATENG TERIMA PENGHARGAAN ATAS USAHANYA DALAM MEMAJUKAN UKM

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, Menerima Penghargaan Tanda Jasa Bakti Koperasi dan UKM 2024 Dari Kementerian Koperasi dan UKM RI

Palembang, BLORANEWS.COM – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, baru saja menerima penghargaan Tanda Jasa Bakti Koperasi dan UKM 2024 dari Kementerian Koperasi dan UKM RI. Penghargaan ini diberikan dalam acara Puncak Hari UMKM Nasional 2024 di Palembang, pada 5 September 2024.

Pria berkacamata tersebut mendapatkan penghargaan atas kontribusinya dalam mengembangkan koperasi dan UKM di Jawa Tengah. Dalam acara itu, Provinsi Jawa Tengah juga memamerkan produk-produk unggulannya antara lain kerajinan tangan dan batik.

“Expo-expo seperti ini sangat membantu teman-teman UMKM Jateng untuk bisa menggelar produknya dan dikenal masyarakat luas,” ujar Sumarno.

Dirinya berharap, acara ini dapat membantu memasarkan produk UMKM Jawa Tengah secara lebih luas, termasuk ke pasar internasional.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki, menyatakan pentingnya alokasi anggaran untuk produk dalam negeri dan penggunaan ruang publik untuk kegiatan UMKM.

“Kami mendorong alokasi 40 persen anggaran Pengadaan Barang dan Jasa pada APBD untuk belanja produk dan juga mendorong percepatan implementasi penggunaan 30 persen ruang publik untuk UMKM,” tandasnya.

Sebagai informasi, berdasarkan data Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jateng, tercatat  sampai dengan Triwulan II tahun 2024,  jumlah binaannya mencapai 191.689 UKM. Rinciannya UKM produksi/non pertanian sebanyak 74.203, UKM Pertanian 28.520, UKM perdagangan 67.210 dan UKM Jasa 21.756.

UMKM Jateng sendiri berkontribusi cukup besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Sejak tahun 2021, kontribusi koperasi dan UMKM terhadap PDRB Provinsi Jawa Tengah terus mengalami kenaikan.

Adapun rinciannya yakni pada tahun 2021 sebesar 12,45%, tahun 2022 sebesar 12,46%, dan tahun 2023 sebesar 14,89 persen. (Dj)

Verified by MonsterInsights