fbpx

KABUPATEN BLORA PERKENALKAN PROGRAM BEASISWA SATU DESA SATU HAFIZ

Foto: Plt Kakankemenag Kabupaten Blora, Mustaqim dalam acara sosialisasi Program Satu Desa Satu Hafiz yang berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora.

Blora, BLORANEWS.COM – Plt Kakankemenag Kabupaten Blora sekaligus Ketua Tim Seleksi Program Satu Desa Satu Hafiz, Mustaqim, mengumumkan bahwa pendaftaran untuk seleksi program ini akan dibuka mulai 16 hingga 18 Oktober 2024. Kegiatan sosialisasi berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Senin (14/10/2024).

Program Satu Desa Satu Hafiz merupakan salah satu inisiatif unggulan daerah yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pemberian beasiswa kepada peserta didik yang memiliki bakat dalam menghafal Al-Qur’an.

Beasiswa tersebut dirancang untuk membantu biaya pendidikan yang diperlukan oleh peserta didik dalam proses menghafal.

“Melalui program ini, kita berharap dapat memberikan fasilitas dan bimbingan yang diperlukan agar setiap anak di desa kita memiliki kesempatan untuk menghafal Al-Qur’an. Kita juga ingin melibatkan seluruh elemen masyarakat, mulai dari orang tua, tokoh masyarakat, hingga Lembaga Pendidikan untuk bersama-sama mendukung anak-anak kita dalam perjalanan ini,” terang Mustaqim.

Mustaqim juga mengajak semua pemangku kepentingan untuk berkomitmen dalam memajukan pendidikan keagamaan dan menciptakan lingkungan yang mendukung. 

“Dengan kerja sama dan semangat yang tinggi, kita yakin program ini akan memberikan dampak positif yang besar bagi Kabupaten Blora,” ajaknya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Blora, Agus Puji Mulyono menyampaikan dukungannya terhadap program ini.

Ia menekankan bahwa Program Satu Desa Satu Hafiz adalah program unggulan dari Pemerintah Kabupaten Blora yang tercantum dalam RPJMD Tahun 2021-2026. 

“Pemberian beasiswa ini ditetapkan berdasarkan seleksi calon penerima beasiswa dengan kuota sebanyak satu orang untuk setiap desa atau kelurahan,” kata Agus.

Lebih lanjut, sosialisasi ini merupakan langkah awal dari program yang lebih besar. Agus berharap agar semua pihak yang hadir dapat berkontribusi dalam menyebarluaskan informasi mengenai program ini kepada masyarakat luas. 

“Masih ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan, yaitu pendaftaran calon peserta, seleksi administrasi, dan seleksi hafalan yang sudah dijadwalkan oleh Tim Seleksi Program Satu Desa Satu Hafiz. Silakan diikuti tata caranya,” jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut  diantaranya, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kab. Blora, Staf Ahli Bupati Bidang Sosial, Budaya dan Kemasyarakatan, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora, Kabag Kesra Setda Kab. Blora, 

Camat se-Kabupaten Blora, Kepala KUA se-Kabupaten Blora beserta penyuluh agama, Ketua MKKS SMA Kab. Blora, Ketua MKKS SMK Kab. Blora, Ketua TP2D Kab. Blora, Ketua Lembaga Pendidikan Tilawatil Qur’an Kab. Blora, Ketua JQH Kab. Blora, 

Ketua JMQH Kab. Blora, Ketua Badko LPQ Kab. Blora, Ketua Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Kab. Blora, Ketua FKDT dan segenap tamu undangan. Sebagai informasi calon peserta seleksi Program Satu Desa.

Sebagai informasi, calon peserta yang ingin mengikuti seleksi Program Satu Desa Satu Hafiz dapat mendaftar secara online melalui link [http://bit.ly/1desa1hafiz](http://bit.ly/1desa1hafiz). Informasi lebih lanjut mengenai program ini juga dapat diakses melalui [link berikut](https://bit.ly/3ZXb4n4?r=qr) atau dapat melihat pamflet persyaratan program di menu highlight Instagram @kemenag_blora. (Dj)

Verified by MonsterInsights