fbpx

HARI PERTAMA PEPARNAS XVII, JATENG RAIH 15 EMAS

Foto: Kegembiraan Atlet-atlet Peparnas XVII saat mendapatkan medali

Surakarta, BLORANEWS.COM – Atlet-atlet Jawa Tengah tampil gemilang di hari pertama Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII, Senin (7/10/2024).

Hingga sore hari, kontingen Jateng berhasil mengumpulkan total 51 medali, terdiri dari 15 emas, 17 perak, dan 19 perunggu.

Dengan hasil ini, Jateng menempati peringkat kedua klasemen sementara, tepat di bawah Jawa Barat yang meraih 19 medali emas.

Sekretaris National Paralympic Committee (NPC) Jateng, Prayitno, menjelaskan bahwa cabang olahraga (cabor) atletik, balap sepeda, renang, dan tenis meja menjadi penyumbang terbesar medali emas untuk Jateng.

“Untuk sementara, kita sudah mendapatkan 15 emas, terutama dari cabor atletik dan balap sepeda. Renang dan tenis meja juga turut menyumbang,” kata Prayitno, ditemui di salah satu venue Peparnas di Kampus Fakultas Keolahragaan UNS.

Prayitno optimistis bahwa Jateng masih berpeluang meraih lebih banyak medali, termasuk dari cabor-cabor unggulan lainnya, seperti anggar kursi roda dan renang yang masih bertanding.

“Kami yakin bisa mengejar target juara umum. Para atlet kami akan terus berjuang keras,” ujarnya, seraya memberikan semangat kepada para atlet dan mengajak masyarakat Jateng untuk terus mendukung perjuangan mereka.

Salah satu medali emas Jateng datang dari cabor balap sepeda, individual pursuit woman, yang digelar di Velodrome Stadion Manahan Surakarta. Atlet Vanza Miftahul Jannah, bersama pilotnya Nikmal Maghfiroh, berhasil meraih emas di kategori tersebut.

“Senang dan lega, sejak awal memang target kami adalah emas,” ungkap Vanza setelah menerima medali. 

Meski sempat merasa gugup saat bertanding, ia tidak menemui kendala berarti. Kemenangan ini adalah hasil dari latihan intensif selama enam bulan terakhir.

“Lawan terberat saya adalah diri sendiri,” tutur Vanza, atlet asal Kabupaten Karanganyar.

Nikmal, pilot Vanza, menambahkan bahwa persaingan di arena cukup ketat, namun kerja keras mereka sejak latihan hingga pertandingan membuahkan hasil yang diharapkan.

“Semoga kami bisa meraih lebih banyak emas di kelas lainnya,” ujar Nikmal dengan optimisme. (Dj)

Verified by MonsterInsights