fbpx

BUPATI BLORA MERIAHKAN TARI TAYUB MASSAL BERSAMA 3.000 PENARI

Blora Culture Festival 2024 Menampilkan Tari Tayub Massal Yang Diikuti Sekitar 3.000 Penari Di Lapangan Kridosono

 

Blora, BLORANEWS.COM – Blora Culture Festival 2024 mencapai puncaknya pada hari kedua, Sabtu (7/9/24), di lapangan Kridosono. Acara ini menampilkan tari tayub massal dengan partisipasi sekitar 3.000 penari dari berbagai elemen masyarakat.

Tak ketinggalan, Bupati Blora, Arief Rohman, dan Forkopimda juga turut bergabung sehingga menambah kemeriahan acara tersebut. Apalagi dengan ditambah gelaran seni Rampak Barongan.

“Apresiasi saya sampaikan kepada seluruh pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini dan ikut menjaga warisan budaya leluhur,” ungkap Bupati dalam sambutannya.

Lanjut Arief, Seni Tayub merupakan bagian dari budaya Kabupaten Blora yang mengandung nilai kebersamaan dan identitas daerah. Melalui gelar taub massal ini, dia berharap keberadaan Tayub di Blora akan tetap terjaga dan diteruskan kepada generasi berikutnya.

Sertifikat  Kemenkumham

Digelar tayub massal yang melibatkan 3.000 penari tayub itu,  dirangkaikan dengan penyerahan Sertifikat Pencatatan Inventarisasi dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Dalam sertifikat itu disebutkan, Tayub Blora telah resmi dicatat sebagai Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) Ekspresi Budaya Tradisional.

Bupati Arief menyatakan, sertifikat tersebut sebagai bentuk pengakuan penting atas keberagaman budaya tradisional yang dimiliki Kabupaten Blora.

“Sertifikat ini mencerminkan identitas budaya, kearifan lokal, dan warisan nenek moyang kita. Sesuai dengan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2024 tentang Hak Cipta, sertifikat ini bertujuan untuk melindungi ekspresi budaya tradisional, sehingga tidak ada lagi yang dapat mengklaim kekayaan intelektual ini sebagai miliknya,” tambahnya.

Bupati yang akrab disapa Mas Arief itu  berharap agar kegiatan Gelar Tayub Blora secara massal dapat menjadi agenda tahunan di Kabupaten Blora. Ia optimistis bahwa kegiatan ini akan terus berkembang dan semakin memperkuat identitas budaya daerah.

“Ini merupakan yang pertama kali diadakan, kami berharap tahun depan bisa diadakan lebih besar lagi, dan semoga bisa menjadi agenda tahunan karena Tayub ini sudah menjadi brand-nya Blora,” tandasnya.

Sebagai informasi, selain Tayub Blora, beberapa warisan budaya Kabupaten Blora juga telah tercatat dalam Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) Ekspresi Budaya Tradisional, Masing-masing  Wayang Krucil, Jipang Panolan, Jamasan dan Kirab Pusaka Kyai Bismo, Sedulur Sikep, Wayang Tengul, Grebeg Sedekah Bumi, serta tradisi Perang Nasi di Desa Gedangdowo. Termasuk  Jamasan Pusaka Situs Mbah Ndoro Balun. (Dj)

Verified by MonsterInsights