fbpx

BLORA TERIMA BANTUAN EMBUNG DARI KEMENTERIAN PUPR

Foto : Lokasi pembangunan embung.

Blora, BLORANEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Blora mendapat bantuan pembangunan embung kecil dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Semarang. Bantuan ini bertujuan untuk mengatasi kekeringan yang kerap melanda Blora setiap tahun.

Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Blora, Ir. Surat, ST., MT., mengonfirmasi bahwa tiga embung akan dibangun di Desa Jiken dan Desa Ketringan di Kecamatan Jiken, serta Desa Andongrejo di Kecamatan Blora. Kapasitas tampungan air di masing-masing embung bervariasi antara 3.200 hingga 4.800 meter kubik.

“Pembangunan embung ini adalah tindak lanjut dari permohonan Bupati Blora kepada Menteri PUPR untuk mengurangi dampak kekeringan yang sering terjadi saat musim kemarau,” jelas Surat.

Proses pembangunan dilakukan secara swakelola oleh BBWS Pemali Juana Semarang dan telah disosialisasikan kepada tiga desa yang akan menerima bantuan. Para kepala desa dan tokoh masyarakat setempat menyambut baik program ini dan siap mendukung pelaksanaannya.

Pihak BBWS menambahkan bahwa embung tersebut akan dibangun dengan konstruksi urugan tanah, dilengkapi saluran air dan pagar pelindung. Pengelolaan embung sepenuhnya diserahkan kepada desa setempat untuk dimanfaatkan demi kesejahteraan masyarakat.

Saat ini, pembangunan sudah memasuki tahap penggalian dan penimbunan tanggul. Pekerjaan lainnya, seperti pemasangan batu dan pagar, akan melibatkan tenaga kerja lokal untuk memberdayakan warga sekitar. Dana pembangunan bersumber dari APBN dengan skema penanganan kedaruratan bencana.

“Kami baru dapat informasi dari bapak Yudha Priatna selaku PPK PAT Satker SNVT ATAB BBWS Pemali Juana Semarang yang melaksanakan kegiatan tersebut menyatakan bahwa anggaran kegiatan tersebut bersumber dari APBN dengan nilai total sebesar Rp1,5 Miliar sudah termasuk PPN untuk pembangunan 3 embung yang ada di 3 desa tersebut,” jelas Kabid SDA. (Dj)

Verified by MonsterInsights