fbpx

HARI CUCI TANGAN PAKAI SABUN SEDUNIA: SHINTA NANA DAN ANAK-ANAK SD RAYAKAN KEBERSIHAN DI PEKALONGAN

Foto: Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sedunia tingkat Provinsi Jawa Tengah berlangsung meriah di SDN 6 Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan.

Kabupaten Pekalongan, BLORANEWS.COM – Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sedunia tingkat Provinsi Jawa Tengah berlangsung meriah di SDN 6 Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, pada Selasa (15/10/2024). 

Acara ini dihadiri oleh ratusan anak yang mengenakan seragam putih merah, yang dengan antusias menyambut kedatangan Pj Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Tengah, Shinta Nana Sudjana. Sorak sorai anak-anak terdengar ketika Nana tiba, dengan banyak di antara mereka yang meminta untuk bersalaman.

Acara dimulai dengan penampilan tari lengko dari tiga siswi SD, diikuti dengan sambutan dan penyematan pin kepada Duta CTPS. Selain itu, bantuan alat kebersihan dan telur ayam untuk pengentasan stunting juga diserahkan kepada TP PKK Kecamatan. Penampilan gerak tari CTPS oleh para siswa menambah keceriaan acara.

Puncak acara semakin meriah dengan flashmob tari gerakan cuci tangan. Sebagai penutup, Nana melepas balon ke udara dan bersama-sama dengan semua yang hadir melakukan cuci tangan.

Emira Khalda Novianti, salah satu siswi SDN 6 Kedungwuni, mengungkapkan kesenangannya. “Acaranya sangat seru. Ada tarian, flashmob, sampai cuci tangan bareng,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa penting bagi masyarakat untuk memahami cara cuci tangan pakai sabun dengan benar.

“Dikenalkan bagaimana caranya cuci tangan pakai sabun, ada enam langkah,” lanjut Emira.

Siswa lainnya, Arga Putra Mahendra, juga mengungkapkan kebahagiaannya.

“Seru, acaranya seru. Ada Ibu Pj Ketua PKK sama teman-teman,” katanya.

Arga mengajak semua siswa dan masyarakat untuk membiasakan diri mencuci tangan pakai sabun demi kesehatan.

“Teman-teman jangan lupa cuci tangan pakai sabun, dan juga berperilaku sehat,” tuturnya.

Pj Ketua TP PKK Jawa Tengah, Shinta Nana Sudjana, menekankan bahwa cuci tangan pakai sabun adalah cara efektif dan terjangkau untuk mengurangi risiko stunting, menghentikan penyebaran virus, dan mencegah penyakit berbasis lingkungan. 

“Hari Cuci Tangan Pakai Sabun tahun ini adalah kelanjutan dari komitmen kita untuk memastikan akses fasilitas cuci tangan menjadi agenda utama bagi semua pemangku kepentingan,” ungkapnya.

Nana menambahkan bahwa dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia setiap 15 Oktober, TP PKK Provinsi Jawa Tengah berkolaborasi dengan TP PKK Kabupaten Pekalongan untuk meningkatkan kampanye tentang pentingnya cuci tangan pakai sabun.

“Gerakan Serentak Cuci Tangan Pakai Sabun adalah upaya untuk meningkatkan sarana prasarana cuci tangan, serta membiasakan perilaku mencuci tangan di masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Plh Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan, Fika Yulian Akbar, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi antara TP PKK Provinsi dan Kabupaten Pekalongan dalam menyebarluaskan pengetahuan tentang pentingnya cuci tangan pakai sabun. 

“Peserta terdiri dari 300 siswa dan siswi SD, pengurus TP PKK kabupaten dan kecamatan. Selain itu, acara ini juga dihadiri secara daring oleh 500 sekolah se-Kabupaten Pekalongan dan perwakilan dari daerah lain,” tutupnya. (Dj)

Verified by MonsterInsights