fbpx

INOVASI PELAYANAN PUBLIK, PEMPROV JATENG RAIH DUA PENGHARGAAN DARI KEMENPAN RB

Foto: Penyerahan penghargaan berlangsung pada acara Gebyar Pelayanan Prima Tahun 2024 yang diadakan di Hotel Sheraton Grand Jakarta

Jakarta, BLORANEWS.COM – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berhasil meraih dua penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) atas inovasi dalam pelayanan publik. 

Penghargaan tersebut meliputi kategori Instansi Pembina di tingkat provinsi dan kategori Inovasi Kelompok Berkelanjutan dalam Pelayanan Publik.

Penyerahan penghargaan berlangsung pada acara Gebyar Pelayanan Prima Tahun 2024 yang diadakan di Hotel Sheraton Grand Jakarta pada Selasa, 8 Oktober 2024, oleh Menpan-RB Abdullah Azwar Anas kepada Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana.

“Ini merupakan kebanggaan bagi seluruh pegawai negeri sipil di Jateng. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Nana.

Nana menambahkan, penghargaan ini akan semakin memotivasi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk lebih dekat dengan masyarakat dan memberikan pelayanan yang terbaik. Dia menekankan pentingnya inovasi dalam pelayanan publik sebagai strategi untuk mencapai pelayanan berkualitas yang mudah, murah, cepat, dan akuntabel.

Kepala Biro Organisasi Kepegawaian Setda Provinsi Jateng, Dadang Soemantri, menjelaskan bahwa penghargaan ini terkait dengan inovasi yang dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof Dr Margono Soekarjo di Banyumas dan RSUD Dr Rehatta di Jepara.

Inovasi yang diterapkan di RSUD Prof Dr Margono Soekarjo mencakup pengembangan sistem persediaan obat, sistem antrian layanan pasien, dan registrasi online melalui SMS Gateway. Sementara itu, RSUD Dr Rehatta berfokus pada perawatan luka kusta dengan pendekatan garden healing, mentoring, dan kolaborasi yang terintegrasi.

“Penghargaan ini menunjukkan bahwa langkah-langkah yang diambil Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di bawah kepemimpinan Pj Gubernur Nana Sujana sudah tepat. Kami akan terus mengembangkan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” kata Dadang.

Ia juga menambahkan bahwa penghargaan ini menjadi penyemangat bagi semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jateng untuk meningkatkan pelayanan yang mudah, cepat, dan berintegritas. 

Pemprov Jateng terus mendorong pemerintah kabupaten/kota untuk berinovasi dalam pelayanan publik. “Banyak hal yang sudah dilakukan bersama kabupaten/kota,” ujarnya.

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, menegaskan pentingnya sinergi dan kolaborasi antar instansi pemerintah untuk memastikan reformasi birokrasi berdampak positif bagi masyarakat. (Dj)

Verified by MonsterInsights