fbpx

KEPALA DP4 BLORA : TEMBAKAU SEBAGAI KOMODITAS ALTERNATIF YANG MENJANJIKAN

Blora, BLORANEWS.COM – Kepala Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora, Ngaliman mengungkapkan, tanaman tembakau sebagai komoditas yang menjanjikan di sektor pertanian.

Sehingga tak heran, jika dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Blora menjadikan tanaman tembakau sebagai komoditas alternatif di bidang pertanian.

“Prospek pertanian tembakau untuk sementara ini sangat bagus, karena Pemkab Blora melalui Bupati Blora sudah bekerjasama dengan PT. Sadana,” ujar Ngaliman. Rabu (18/09/2024).

Bahkan menurut Ngaliman, para petani tembakau tak perlu khawatir bagaimana nanti menjual hasil panennya, karena Pemkab sendiri sudah bekerjasama dengan PT. Sadana.

Tak hanya menampung hasil panen, PT. Sadana juga memberikan pembinaan, bahkan ada penyuluh khusus berkaitan tentang tembakau kepada para petani

“Melalui DBCHT dengan pemberian plastik UV untuk oven pengeringan tembakau, kulitavator, traktor, pupuk, ZA, pupuk organik dan NPK,” bebernya.

Masih menurut Ngaliman, kondisi tanah pertanian di Blora sangat mendukung sekali untuk tanaman tembakau, apalagi di tempat yang kering dan curah hujan yang rendah seperti yang ada di Blora.

“Sehingga, yang menanam tembakau bagus produksinya dan sangat menguntungkan petani,” pungkasnya. (Dj)

Verified by MonsterInsights