fbpx

PEMDES BULOH SAMBUT MAHASISWA KKN IKMB IAIN KUDUS

Pembukaan KKN IKMB IAIN Kudus di Desa Buloh, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora.

Kunduran, BLORANEWS – Pembukaan KKN Integrasi Kompetensi Moderasi Beragama (IKMB) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus di Desa Buloh, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora berlangsung secara meriah nan khidmat.

Kegiatan yang digelar pada Kamis, 31 Agustus 2023 itu berlangsung di kediaman Kepala Desa Buloh, Joko Priyanto dengan menghadirkan tokoh masyarakat setempat. Seperti tokoh agama, perangkat desa, perwakilan pemuda serta praktisi lembaga desa lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dosen Pembimbing KKN Iseu Laelasari mengatakan, mahasiswa IAIN Kudus yang berada di Desa Buloh bakal melakasanakan KKN selama kurang lebih satu bulan.

“Para mahasiswa akan mengabdi dengan ilmu yang dimiliki selama belajar dikampus dan akan diterapkan di tangah masyarakat Desa Buloh,” ucapnya saat sambutan.

Sementara itu, Kades Buloh Joko Priyanto dalam sambutannya mengemukakan kondisi geografis dan antropologis Desa Buloh kepada mahasiswa. Hal itu ia tujukan agar mahasiswa KKN nantinya memiliki ukuran dalam pembentukan program kerja.

“Secara geografis kondisi jalan di Desa Buloh banyak yang rusak, bahkan beberapa rusak purah. Kemudian di musim kemarau ini juga kekurangan air bersih, jadi kami harap adek-adek bisa beradaptasi,” terangnya.

Lebih lanjut, Joko berharap agar mahasiswa nantinya bisa mengintegrasikan antara tema KKN yang diangkat dengan program desa yang telah berjalan. Seperti peningkatan kesadaran dan pemahaman potensi desa, serta pengembangan bidang agama, ekonomi, sosial dan budaya.

“Terutama pencegahan stunting yang salah satunya adalah meningkatkan kegiatan remaja dalam bidang keagamaan, kesenian dan ekonomi kreatif agar tidak melakukan pernikahan dini. Sehingga KKN bisa menjadi solusi yang inovatif,” lanjutnya.

Sebagai informasi, tahun 2023 ini Kabupaten Blora kedatangan 2.373 mahasiswa dari IAIN Kudus. Mereka bakal melaksanakan kegiatan KKN IKMB di 133 desa di Kabupaten Blora. Salah satunya di Desa Buloh Kecamatan Kunduran mulai tanggal 31 agustus hingga 3 oktober 2023. (Dj)

Verified by MonsterInsights