fbpx

373 ATLET PEPARNAS SIAP BERTANDING, NANA SUDJANA BERIKAN MOTIVASI

Surakarta, BLORANEWS.COM – Sebanyak 373 atlet penyandang disabilitas Jawa Tengah siap bertanding di ajang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII 2024 di Solo.

Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, tampak memberikan motivasi kepada atlet Peparnas sebelum mereka berlaga tanggal 6-13 Oktober 2024 besok.

“Semangat kita harus terus berkobar. Target kita adalah juara umum dengan raihan 110 medali emas, 100 perak, dan lebih dari 100 medali perunggu,” ungkap Nana Sudjana saat memberikan motivasi di Hotel Kusuma Sahid Solo pada Sabtu (14/09/2024).

Nana optimistis bahwa para atlet Jateng akan tampil gemilang dan meraih banyak medali, mengingat prestasi mereka pada ASEAN Para Games Solo 2022 dan Paralimpiade Paris 2024. Ia juga mencatat prestasi atlet Jateng di tingkat nasional dan internasional.

“Pada kejuaraan ASEAN Paralympic di Solo, hampir separuh medali yang diperoleh adalah milik atlet Jateng. Ini luar biasa,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Nana juga mengumumkan pemberian bonus dari Pemerintah Provinsi Jateng untuk seluruh atlet Peparnas, baik peraih medali maupun yang tidak. “Semua atlet akan mendapatkan bonus, namun yang meraih medali emas, perak, dan perunggu akan mendapatkan bonus yang lebih besar,” jelasnya.

Sekretaris Umum National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Jateng, Prayitno, menjelaskan bahwa persiapan untuk Peparnas 2024 telah dimulai sejak awal November 2023. Kontingen Jateng, yang terdiri dari 602 personel termasuk 373 atlet dan 229 pelatih, asisten pelatih, official, serta tim medis, akan mengikuti 16 dari 20 cabang olahraga yang dipertandingkan. 

Pelatihan terbagi di beberapa wilayah, meliputi Kota Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, dan Karanganyar, karena pertandingan tersebar di berbagai lokasi.

Kontingen Jateng akan fokus pada nomor-nomor individu seperti voli duduk, basket kursi roda, dan tenis lapangan kursi roda. Cabang olahraga yang diikuti termasuk atletik, renang, bulutangkis, angkat berat, tenis meja, boccia, judo tunanetra, anggar wheelchair, taekwondo, panahan, catur, balap sepeda, menembak, goal ball, sepakbola CP, dan ten pin bowling.

Peparnas 2024 akan berlangsung di empat daerah Solo Raya, yakni Kota Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, dan Karanganyar pada 6-13 September 2024.

Verified by MonsterInsights